Friday 7 June 2013

Keindahan Bawah Laut Pulau Samalona

Selain dikenal dengan kelezatan kulinernya yang khas, Makasar juga kaya akan potensi alamnya. Salah satunya adalah Pulau Samalona. Pulau ini juga menyimpan sejuta keindahan bawah lautnya yang mempesona. 

Namun sayang, keberadaan pulau ini kabarnya akan menghilang pada tahun 2020, karena arus gelombang air pasang yang semakin meningkat akibat pemanasan global. Pulau ini terletak di bagian barat daya Sulawesi Selatan, tepatnya di kecamatan Wajo. Pulau ini hanya memiliki luas mencapai 2 hektare.

Di pulau ini, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alamnya serta terumbu karang yang menakjubkan. Perairannya yang bersih dan jernih sangat cocok untuk Anda manfaatkan sebagai tempat diving. Selain itu, di perain pulau ini juga terdapat ikan Nemo.

Saat Anda berkunjung ke Pulau Samalona, Anda akan menyaksikan keindahan hamparan pasir putih serta bitunya laut ditambah dengan warna-warni jenis ikan yang mempesona. Sehingga pulau ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan di tengah padatnya rutinitas perkejaan Anda sehari-harinya.

Sambil menyelam, wisatawan akan menjumpai salah satu pesawat peninggalan masa Perang Dunia II. Salah satunya adalah Kapal Maru, kapal kepunyaan negara Jepang yang berada di kedalaman 30 meter. Selain itu, terdapat juga kapal Lancaster Bomber serta sejumlah kapal Jepang lainnya yang menjadi rumah bagi sejumlah biota laut yang ada di perairan pulau.

Tidak hanya itu, di pulau ini wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset yang mempesona. Dengan keunggulan yang disajikan di pulau ini, maka Pulau Samalona dapat Anda jadikan sebagai salah satu tujuan favorit Anda untuk berlibur bersama keluarga.

Untuk mengakses pulau ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyewa perahu nelayan yang tersedia di dermaga depan benteng Fort Rotterdam. Untuk sewa perjalanan pulang pergi, Anda hanya perlu membayar uang sewa sebesar Rp 300 ribu.

Selain perahu, Anda juga bisa menyewa speed boat dari Pantai Losari dengan biaya sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu. Selama berlibur ke Makasar, Anda juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata lainnya, seperti Lae-lae, Pulau Kodingareng, dan Kayangan.

No comments:

Post a Comment