Wednesday 17 July 2013

Museum Taman Prasasti Yang Membuat Bulu Kuduk Merinding

Jakarta mempunyai banyak tujuan wisata serta museum-museum yang menarik. Bahkan, banyak sekali museum-museum di Jakarta yang sudah populer ditelinga para wisatawan sebelumnya. Simak ulasannya berikut ini :
  
Museum Taman Prasasti merupakan sebuah museum cagar budaya pusaka pemerintahan kolonial Belanda yang terdapat di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. 

Museum ini mempunyai antologi batu bertulis nisan kuno juga miniatur kuburan yang karakteristik dari 27 propinsi di Indonesia, dan juga koleksi kereta jenazah yang klasik.

Museum yang memiliki area1,2 hektar ini adalah museum terbuka yang memperkenalkan karya seni dari masa lampau perihal kecanggihan para pemahat  patung, budayawan serta kaligrafer sastrawan yang membaur.

Awalnya Museum Taman Prasasti yang berada di Jl. Tanah Abang I ini merupakan kawasan pemakaman umum dengan nama Kebon Jahe Kober dengan luas sekitar 5,5 hektar dan yang didirikan pada tahun 1795 silam  untuk menggantikan makam lain di pinggir gereja Nieuw Hollandsche Kerk. Saat ini Museum Wayang, yang telah penuh.


Pemakaman baru ini mengabadikan koleksi nisan dari tahun sebelumnya sebab sebagian besar diungsikan dari pemakaman Nieuw Hollandse Kerk pada permulaan abad ke 19. Nisan yang diungsikan ini diberi tanda dengan  catatan HK Hollandsche Kerk.

Museum Taman Prasasti mempunyai kesan mistisyang dapat membuat bulu kuduk berdiri. Di museum ini terdapat pula kuburan sejumlah tokoh Indonesia, Soe Hok Gie salah satunya.

No comments:

Post a Comment